Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 Januari 2011

Sebangak 400 Anggota FKDM Jakut di Kukuhkan


Keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di tengah warga menjadi sangat penting dan strategis sebagai wadah berhimpun seluruh elemen masyarakat untuk membagun koordinasi, komunikasi serta informasi secara terpadu demi mewujudkan situasi dan kondisi yang senantiasa aman, nyaman dan kondusif dilingkungan masing-masing khususnya di Kota Administrasi Jakarta Utara pada umumnya.
Hal tersebut dikatakan Walikota Administrasi Jakarta Utara H.Bambang Sugiyono dalam sambutan pengukuhan anggota FKDM se Jakarta Utara kemarin(14/1) di Balai Yos Sudarso, sekaligus  menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada para anggota FKDM yang telah dikukuhkan di tingkat kecamatan maupun kelurahan di kota Administrasi Jakarta Utara.
FKDM di Provinsi DKI Jakarta dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 12 Thun 2006 tentang kewaspadaan dini masyarakat di daerah, yang ditindak lanjuti dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 112 Tahun 2008 tentang pedoman penyelenggaraan kewaspadaan dini masyarakat.
Penyelenggaraan forum ini lanjut Walikota, merupakan salah satu wujud dan upaya bersama antara pemerintah dengan masyarakat secara sinergitas, dan bertujuan membangun dan memelihara kondisi, kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam mengahadapi berbagai potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia.
Jakarta Utara menurut walikota meripakan daerah rawan gesekan / konflik,, karena Jakarta Utara merupakan daerah pesisir yang sangat heteroigen etnis dan latar belakang  social busdayanya, sehingga sangatlah tepat adanya FKDM.
Disini dibutuhkan dibutuhkan komitmen, kesadaran, dan kewaspadaan masyarakat untuk saling bahu membahu menjaga, memelihara dan membangun lingkungannya masing-masing melalui berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini demi terciptanya keamanan, ketertiban, ketentraman, dan kesejahteraan masyarakat, tukasnya.
Dalam kesempatan tersebut Ketua FKDM DKI Jakarta, H.Amrullah Asbah mengatakan, FKDM merupakan mitra pemerintah dalam rangka mendeteksi sedini mungkin untuk menanggulangi atau mengamati hal-hal sekaligus mencermati gejala-gejala yang ada dimasyarakat.
Keberadaan FKDM diharapkan mampu mengantisi[asi sedini mungkin dan menjalin silaturahmi secara rutin baik antara anggota mapun dengan lingkungan masyarakat. Sehingga diharapkan dari silaturrahmi tersebut memudahkan menyerap dan dalam rangka tukar informasi.
Sementara Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Utara Darwis M.Aji mengatakan, ” Jumlah FKDM wilayah Jakarta Utara untuk setiap kecamatan berjumlah 15 orang dan untuk masing –masing kelurahan 10  orang.(Bb)

Foto: Walikota Bambang Sugiyono memberikan ucapan selamat kepada anggota FKDM kecamatan dan kelurahan di Jakut.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP