Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 Januari 2011

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat


Hadir dalam acara pengukuhan ini Ketua FKDM Provinsi DKI Jakarta H.Amarulah Asbah, Ketua FKDM Jakarta Utara Imam Supardi, Dandim 0502 Letkol Arm Irman Jaya, Kajari Jakarta Utara Adil Wahyu Wijaya, Wakapolres Jakarta Utara K.Rahmadi, seluruh Camat dan Lurah di Jakarta Utara.

“Penyelenggaraan Forum kewaspadaan Dini Masyarakat merupakan salah satu wujud dan upaya bersama antara pemerintah dengan masyarakat secara sinergitas, dan bertujuan guna membangun dan memelihara kondisi kepekaan,kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi berbagai potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam maupun bencana karena ulah manusia,”ujar H.Bambang Sugiyono,SE,M.Si pada sambutannya.

Ditambahkan Walikota bahwa Propinsi DKI Jakarta sebagai Ibukota negara kestuan Republik Indonesia sekaligus merupakan pusat pemerintahan, pusat kegiatan ekonomi, perdagangan, politik dan sosial lainnya.”Tentu senantiasa berhadapan dengan karakteristik permasalahan yang sangat beragam dan kompleks, yang harus segera dapat diantisipasi dan ditangani secara tepat dan cermat, oleh karena itu sangat dibutuhkan peran dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat Jakarta untuk membantu mengatasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut, guna mewujudkan Jakarta yang senantiasa aman, nyaman dan sejahtera bagi semua, dimana hal itu akan berdampak positif bagi terwujudnya stabilitas nasional,”tambahnya.

Wilayah Jakarta Utara sendiri secara demografi bermukim hampir seluruh etnis dengan bebagai macam latar belakang sosial dan budaya. Hal ini akan mewarnai pergaulan kehidupan sosial yang sangat rawan gesekan/konflik sosial.

Dari sisi geografis wilayah Jakarta Utara terletak di pesisir pantai dan dialiri 13 sungai. Ini sangat rawan dengan banjir rob jika air laut pasang. Komitmen, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat bersama sangat dibutuhkan untuk bahu membahu menjaga, memlihara dan membangun lingkungannya masing-masing secara dini demi terciptanya keamanan, ketertiban, ketentraman dan kesejahteraan masyarakat.

Pada permasalahan di atas Walikota Jakarta Utara H.Bambang Sugiyono,SE,M.Si berharap anggota FKDM baik tingkat Kecamatan maupun Kelurahan di Kota Administrasi Jakarta Utara dapat membangun jalinan koordinasi dan komunikasi sinergoitas, meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan serta tanggap kapanpun diperlukan dan dibutuhkan dalam mengantisipasi dan menanggulangi berbagai permasalahan-permasalhan yang muncul di masyarakat.

Termasuk kemungkinan-kemungkinan terjadinya potensi ancaman dan peristiwa bencana sosial yang akan timbul dapat segera dicegah dan ditanggulangi secara dini dan terpadu khususnya di Kota Administrasi Jakarta Utara.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP