Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 Januari 2011

FKDM Kecamatan dan Kelurahan se Jakbar Dikukuhkan


Wali Kota Jakarta Barat H Burhanuddin, Jumat (31/12) siang, mengukuhkan 680 anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan dan kelurahan se Jakarta Barat, di ruang serba guna, kantor walikota, Jalan Raya Kembangan no 2.

Wali Kota menilai saat ini kepedulian terhadap perilaku anggota masyarakat di lingkungannya menipis. “Gejolak sosial yang terjadi di lingkungan sekitar terkadang dijadikan tontotan tanpa ada upaya untuk meredamnya,” ujarnya.

Dikatakan, banyak contoh lainnya yang terjadi di tengah masyarakat sebagai bukti menurunnya nilai-nilai kewaspadaan. “Konflik kecil terkadang dibesar-besarkan sehingga dapat mengganggu kebersamaan dan menipisnya rasa kecintaan pada nilai-nilai kebangsaan dan ke Bhineka-an,” katanya.

Wali Kota berharap dikukuhkannya anggota FKDM tingkat kecamatan dan kelurahan dapat meredam kemungkinan terjadinya konflik di tengah masyarakat.

Sementara Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jakarta Barat, memaparkan fungsi dan tugas FKDM antara lain menjaring, menampung, kordinasi dan mengkomunikasikan data informasi dari masyarakat tentang berbagai peistiwa di sekitarnya.

Peristiwa yang mengganggu keamanan, terjadinya gejala atau adanya bencana alam seperti kebakaran dan banjir segera dikoordinasikan ke tingkat kelurahan dan kecamatan agar secara dini dapat dilakukan pencegahan dan penanggulangannya. “Pihak kelurahan dan kecamatan mengkoordinasikan dengan aparat keamanan wilayah setempat,” katanya.

Dijelaskan, anggota FKDM terdiri atas tokoh masyarakat, akademisi, kalangan wanita, pemuda dan pemuka agama setempat. Tiap kelurahan terdiri atas 10 orang, dan kecamatan 15 orang. Selanjutnya, sambung dia, kepengurusan FKDM tingkat kelurahan dan kecamatan akan segera dibentuk di masing-masing kelurahan dan kecamatan.

Pengurus terdiri atas ketua, wakil, sekretaris dan bendahara. ”Kepengurusan FKDM kelurahan dan kecamatan yang pertama di Jakarta Barat ini untuk periode 2010-2015,” jelasnya. Sedang kepengurusan FKDM tingkat Kota Jakarta Barat periode 2008-2013 telah dibentuk pada 2008 lalu, diketuai Insyaf Santosa. Pembentukan FKDM sesuai Permendagri no 12 tahun 2006 tentang pembentukan FKDM se Indonesia.

Acara pengukuhan dihadiri Wakil Wali Kota H Sukarno selaku Ketua Dewan Penasehat FKDM Kota Jakarta Barat, Ketua FKDM DKI Jakarta H Amarullah Asbah, serta para camat dan lurah se Jakarta Barat.

Penulis: Aji

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP